Teori Uses And Gratification
Tahapan
Pertama: Herta Herzog (1944) berusaha membagi alasan orang
melakukan bentuk yang berbeda mengenai perilaku media. Herzog mempelajari
mengenai peran dan keinginan dan kebutuhan khalayak.
Kedua: Para peneliti mulai menciptakan tipologi yang
mewakili semua alasan yang dimiliki orang untuk mengunakan media.
Ketiga: Peneliti menggabungkan alasan khusus untuk
penggunaan media dengan variabel kebutuhan, tujuan, keuntungan, konsekuensi
penggunaan media dan faktor individual.
Asumsi
- Khalayak aktif dan penggunaan media berorientasi pada tujuan yang jelas dalam mengonsumsi media.
- Inisiatif dalam menghubungkan kepuasan kebutuhan pada pilihan media tertentu terdapat pada anggota khalayak.
- Media berkompetisi dengan sumber lain untuk kepuasan kebutuhan.
- Orang punya cukup kesadaran diri akan penggunaan media mereka, minat, dan motif, sehingga dapat memberikan sebuah gambaran yang akurat mengenai kegunaan tersebut pada peneliti.
- Penilaian mengenai isi media hanya dapat dinilai oleh khalayak.
Khalayak Aktif
Menurut Blumler (1979) jenis aktivitas khalayak adalah:
- Kegunaan: khalayak menggunakan media untuk menyelesaikan tugas
- Kesengajaan: motivasi awal yang mendorong khalayak memilih suatu media
- Selektivitas: Khalayak memilih media dengan menyesuaikan ketertarikan dan pengalaman mereka
- Kesulitan untuk mempengaruhi: khalayak memiliki atau membuat pemahaman sendiri mengenai isi suatu media yang dikonsumsi
Pengaruh Media
Menurut Katz (1974),
situasi sosial ketika orang terlibat dalam menghasilkan kebutuhan yang
berhubungan dengan media adalah:
- Situasi sosial bisa menghasilkan keteganggan dan konflik yang menuntun pada tekanan, dan untuk meredakannya adalah dengan mengonsumsi media.
- Situasi sosial dapat meruntuhkan kesempatan hidup yang sesungguhnya untuk memuaskan kebutuhan tertentu dan media bisa jadi obat.
- Situasi sosial bisa menghasilkan nilai tertentu dengan penekanan yang dapat difasilitasi oleh konsumsi media yang berkaitan.
- Situasi sosial menuntut kesamaan dengan media, tuntunan tersebut harus dipenuhi untuk mempertahankan keanggotaan dalam kelompok sosial tertentu.
Review materi Presentasi kelompok Teori Komunikasi Klasik
http://sitikteori.blogspot.co.id/
0 komentar :
Posting Komentar