Teori Uses And Gratification

Selasa, 16 Mei 2017

Teori Uses And Gratification




Tahapan
Pertama: Herta Herzog (1944) berusaha membagi alasan orang melakukan bentuk yang berbeda mengenai perilaku media. Herzog mempelajari mengenai peran dan keinginan dan kebutuhan khalayak.
Kedua: Para peneliti mulai menciptakan tipologi yang mewakili semua alasan yang dimiliki orang untuk mengunakan media.
Ketiga: Peneliti menggabungkan alasan khusus untuk penggunaan media dengan variabel kebutuhan, tujuan, keuntungan, konsekuensi penggunaan media dan faktor individual.

Asumsi
  • Khalayak aktif dan penggunaan media berorientasi pada tujuan yang jelas dalam mengonsumsi media.
  • Inisiatif dalam menghubungkan kepuasan kebutuhan pada pilihan media tertentu terdapat pada anggota khalayak.
  • Media berkompetisi dengan sumber lain untuk kepuasan kebutuhan.
  • Orang punya cukup kesadaran diri akan penggunaan media mereka, minat, dan motif, sehingga dapat memberikan sebuah gambaran yang akurat mengenai kegunaan tersebut pada peneliti.
  • Penilaian mengenai isi media hanya dapat dinilai oleh khalayak.


Khalayak Aktif
Menurut Blumler (1979) jenis aktivitas khalayak adalah:
  • Kegunaan: khalayak menggunakan media untuk menyelesaikan tugas
  • Kesengajaan: motivasi awal yang mendorong khalayak memilih suatu media
  • Selektivitas: Khalayak memilih media dengan menyesuaikan ketertarikan dan pengalaman mereka
  • Kesulitan untuk mempengaruhi: khalayak memiliki atau membuat pemahaman sendiri mengenai isi suatu media yang dikonsumsi


Pengaruh Media
Menurut Katz (1974),  situasi sosial ketika orang terlibat dalam menghasilkan kebutuhan yang berhubungan dengan media adalah:
  • Situasi sosial bisa menghasilkan keteganggan dan konflik yang menuntun pada tekanan, dan untuk meredakannya adalah dengan mengonsumsi media.
  • Situasi sosial dapat meruntuhkan kesempatan hidup yang sesungguhnya untuk memuaskan kebutuhan tertentu dan media bisa jadi obat.
  • Situasi sosial bisa menghasilkan nilai tertentu dengan penekanan yang dapat difasilitasi oleh konsumsi media yang berkaitan.
  • Situasi sosial menuntut kesamaan dengan media, tuntunan tersebut harus dipenuhi untuk mempertahankan keanggotaan dalam kelompok sosial tertentu.

Review materi Presentasi kelompok Teori Komunikasi Klasik
http://sitikteori.blogspot.co.id/

0 komentar :

Posting Komentar