Media Komersial vs Media Komunitas

Jumat, 28 April 2017

Media Komersial vs Media Komunitas








Informasi merupakan salah satu kebutuhan manusia dalam kehidupannya. Kebutuhan akan informasi kini semakin mudah terpenuhi dengan adanya media-media penyalur informasi yang semakin berkembang dan bergabung karena perkembangan teknologi. Media-media ini kemudian dikelompokkan menjadi dua, yakni media komersial dan media komunitas. Komersial diartikan sebagai sesuatu yang berhubungan dengan niaga atau perdagangan (profit oriented). Sehingga media komersial dapat diartikan sebagai media yang secara langsung ada/muncul di masyarakat dengan tujuan mencari keuntungan (KBBI, 2017). Sedangkan media non komersial atau dalam hal ini media komunitas memiliki arti yang bertolakbalakang dengan media komersial yakni tidak mementingkan aspek untung dalam kemunculannya di masyarakat.
Kegunaan dan fungsi media komunitas kurang lebih memiliki kesamaan dengan fungsi media massa konvensional yang selama ini dikenal, yaitu untuk informasi, edukasi, pengarah, kontrol sosial, dan hiburan. Namun, media komunitas memiliki kegunaan yang khas sesuai dengan karakteristik yang dimilikinya. Bila dilihat dari sudut pandang kepentingan nasional, media komunitas tidak merugikan media swasta yang ada saat ini. Terlebih lagi karena terbatasnya jangkauan wilayahnya yang dimiliki media komunitas tidak akan memberikan dampak yang siqnifikan bagi media komersial (Hermawan, 2008).
Namun, terbatasnya jangkauan media komunitas ini justru diharapkan dapat memberikan layanan yang lebih spesifik dan membuka partisipasi penuh kepada para komunitas karena media ini merupakan refleksi dari apa yang hanya menjadi kebutuhan komunitasnya. Ini berbeda dengan media swasta komersial yang selalu menggunakan logika besaran jumlah penduduk dan potensi ekonomi untuk membuka jaringannya. Akibatnya, daerah-daerah yang miskin dan secara ekonomi tidak menguntungkan tidak akan dilayanani media swasta (Hermawan, 2008).

Contoh Media Komersial vs Media Komunitas (majalah)

Untuk penjelasan mengenai majalah komersial bisa baca di sini
Majalah komunitas yang sering dijumpai yakni majalah yang berlingkup sekolah atau universitas. Contoh majalah komunitas yakni majalah kampus dari UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Pers yang berisi informasi beragam tetapi juga sekilas pasti ada membahas mengenai berita seputar kampus dan sifat majalah itu tidak diperjualbelikan.
 Majalah komunitas termasuk pada media no komersial dimana lebih mengedepankan pengetahuan dan sebagai media promosi komunitasnya tersebut. Namun, majalah komunitas tidak dapat dikatakan menyaingi majalah komersial karena lingkup pembaca majalah komunitas lebih sempit dan hanya pada komunitas tersebut saja. Meski begitu isi konten majalah komunitas juga tidak kalah dari majalah komersial pada umumnya. Hal ini menunjukan bahwa media komunitas dan media komersial memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing dalam berdinamika menyebarkan informasi (Liliweri, 2011).


Daftar Pustaka 
KBBI. (2017). Komersial. Diperolah dari http://kbbi.web.id/komersial 
Alo, Liliweri. (2011). Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Kertajaya, Hermawan .(2008). Arti komunitas. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

0 komentar :

Posting Komentar