Peran Film Dalam Ilmu Komunikasi
Pada hakekatnya film merupakan sebuah pesan yang disampaikan oleh komunikator kepada komunikan. Sedangkan makna tidak terdapat pada pesan melainkan hasil pembacaan atau pemahaman oleh penerima pesan. Dengan demikian, efektifitas film sebagai bentuk komunikasi dapat diukur dengan berbagai cara yang berbeda-beda tergantung pada apa tujuan dari proses komunikasi itu sendiri. Termasuk bagaimana tanda itu dipersepsi oleh penerima atau interpreter sehingga terjadi komunikasi yang efektif.
Denis McQuail (1987) dalam Teori Komunikasi Massa
Fungsi dan peran film dalam masyarakat pada konteks komunikasi ada empat. Pertama, film sebagai sumber pengetahuan yang menyediakan informasi tentang peristiwa dan kondisi masyarakat dari berbagai elahan dunia. Kedua, film sebagai sarana sosialisasi dan pewarisan, nilai, norma, dan kebudayaan. Artinya selain hiburan, secara laten film juga berpotensi menularkan nilai-nilai tertentu pada penontonnya.
Nilai-nilai
Film sering kali berperan sebagai wahana pengembangan bentuk seni dan symbol, melainkan juga dalam pengertian pengemasan tata cara, mode, gaya hidup dan norma-norma. Dan yang keempat, film sebagai sarana hiburan dan pemenuhan kebutuhan estetika masyarakat. Pendek kata, menurut UUD perfilman, film mempunyai enam fungsi atau peran:
1. Fungsi Budaya
2. Pendidikan
3. Hiburan
4. Informasi
Review materi Presentasi kelompok Film
http://masscommfour.blogspot.co.id/
0 komentar :
Posting Komentar